Surabaya dan Busan Join Kembangkan Maritim

Kota Surabaya bekerja sama dengan Busan, Korea Selatan untuk melakukan berbagai bidang pembangunan, diantaranya pengembangan kawasan maritim serta pembuatan kapal.

“Kami juga sampaikan sedikit paparan dan juga peluang kerja sama terkait potensi di Surabaya di tahun-tahun mendatang,” ujar Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya, Hendro Gunawan, di Surabaya, Rabu (15/2).

Hal itu dikatakannya setelah menemui para delegasi Busan yang dipimpin oleh Wali Kota Busan, Suh Byung-Soo beserta pejabatan dan pengusaha dari Busan Metropolitas City di rumah kediaman Wali Kota Surabaya.

Ada beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) yang juga hadir dalam pertemuan tersebut. Hal tersebut diharapkan adanya interaksi secara langsung antara kedua pihak terkait perihal kerja sama yang akan direncanakan.

Hendro mengaku kerja sama Surabaya dan Busan sangat baik, terutama pada bidang pariwisata dan pendidikan. Ia juga mengklaim paparan kerjasama bersama busan yang mencakup pembuatan kapal, pengembangan laut dan kemaritiman, serta dukungan kawasan ruang terbuka hijau di Surabaya sudah sangat baik.

“Untuk pengembangan kelautan dan kemaritiman kami ingin mempercepat pendistribusian barang dari Busan ke Surabaya, begitu pula sebaliknya, cara ini dinilai baik karena jalur distribusi dari Busan tidak perlu lagi singgah di Singapura tetapi langsung ke Surabaya serta mengurangi ongkos ekspedisi,” ujarnya.

Mengenai pengembangan laut, lanjutnya, akan dilakukan pendistribusian bahan-bahan pengolahan makanan dan teknologi diantara kedua kota tersebut.

“Ini merupakan bahan yang akan dijajaki oleh wali kota Busan dengan Kota Surabaya,” kata mantan Kepala Bappeko Surabaya ini.

Selain itu, Pemkot Surabaya dan Pemerintah Busan melakukan upaya membuat usulan kerja sama pembuatan kapal. Mengajak Ikatan Perusahaan Industri Kapal dan Lepas Pantai Indonesia(IPERINDO), Wali Kota Busan menawarkan kerja sama dengan Pemkot Surabaya dan telah disepakati pada Rabu (15/2), di Hotel Shangri-La.

Suh Byung-Hoo, Wali Kota Busan, mengaku kedatangannya kali ini adalah kunjungan resmi pertama ke Surabaya. Namun dia sering mendengar mengenai kemajuan Surabaya.

“Meskipun kerja sama antara Surabaya dan Busan sudah terbangun sejak tahun 1994 namun, saya senang bisa berkunjung ke sini untuk mengetahui langsung bagaimana perencanaan kota dan pembangunan infrastruktur. Perkembangan Kota Surabaya ini cepat sekali. Kami juga ingin mempelajari lebih jauh mengenai ruang terbuka hijau,” ujarnya.

 

Sumber: Arah.com

Related posts