Gelar Rakernas, INSA Petakan Hambatan Industri Pelayaran

Ketua Umum Organisasi Pelayaran Nasional yang tergabung dalam Indonesian National Shipowners Associatioin (INSA) Carmelita Hartoyo mengatakan, transportasi laut memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia sebagai negara kepulauan.

Selain sebagai kunci kelancaran arus barang dan orang, tumbuh kembangnya industri pelayaran akan mengerek kinerja industri terkait lainnya.

“Mengingat strategisnya industri pelayaran bagi pertumbuhan ekonomi nasional, untuk itu DPP INSA perlu mengindetifikasi hambatan yang terjadi di industri pelayaran nasional,” ujarnya dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2018 dengan tema “Peran INSA dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Nasional” di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Pada Rakernas ini, INSA akan mengidentifikasi persoalan-persoalan yang masih ada dalamĀ  transportasi laut, baik persoalan kebijakan, investasi, organisasi, infrastruktur penunjang, maupun hambatan operasional bagi peningkatan daya saing usaha transportasi laut guna berpartisipasi dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN.

“Sekaligus bertujuan merumuskan rekomendasi dan merealisasikan aksi di bidang transportasi laut secara komprehensif dan menyerahkannya kepada pemerintah sebagai kontribusi dari industri pelayaran nasional dengan harapan terjadi revolusi mental,” tambahnya.

Sebagai informasi, jumlah armada pelayaran nasional terus mengalami pertumbuhan sejak diterapkannya azas cabotage yang menjadi perjuangan usaha pelayaran nasional sejak 2005.
Namun, INSA menilai masih diperlukan langkah lanjutan untuk mendorong kualitas armada pelayaran dalam mendukung kegiatan perekonomian nasional.

Rakernas tersebut dihadiri 400 peserta yang terdiri dari pengurus DPP INSA, DPC INSA seluruh Indonesia dan anggota INSA. Turut hadir pada Pembukaan Rakernas INSA Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono yang mewakili Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menurut Djoko, peran INSA cukup besar mendorong pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan kapal-kapal berbendera Indonesia.

“Kita akan dorong dan terus mendukung INSA terutama yang memberikan efek bagi pertumbuhan ekonomi. Upaya yang bisa kita lakukan dengan memfasilitasi kebutuhan yang terkait program asas cabotage sebagai program INSA dan program lain yang sejalan dengan target pemerintah,” pungkasnya.

 

Sumber: Sindonews.com

Related posts