Belajar Kemaritiman Lewat Komik Si Juki Jelajah Nusantara

Kemenko Bidang Kemaritiman telah menandatangani kerja sama dengan PT Elex Media Komputindo dalam sebuah proyek penciptaan komik Si Juki Jelajah Nusantara untuk meningkatkan literasi kemaritiman.
Inovasi pembelajaran kemaritiman yang dicetuskan oleh Kemenko Kemaritiman bekerja sama dengan PT Elex Media Komputindo itu, tak lain karena masih minimnya literasi serta pemahaman masyarakat terkait bidang yang jadi salah satu fokus pemerintah untuk mewujudkan Poros Maritim dunia itu.
“Literatur maritim sangat sedikit, kalau pun ada membacanya aja susah, kaku dan membosankan, memang perlu ada terobosan-terobosan,” ungkap Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Agung Kuswandono di Kemenko Maritim, Jakarta, Senin (27/8).
Padahal, menurut Agus, Indonesia memiliki lebih dari 17.000 pulau, 104.000 kilometer garis pantai, dan luas lautan 5,8 juta kilometer persegi dengan segudang kekayaan sumber daya yang perlu untuk dikenalkan kepada masyarakat. Termasuk lewat media kreatif seperti komik. PT Elex
Media Komputindo pun menyambut baik langkah kerja sama itu.
“Kami bahagia sekali dan mengucapkan selamat atas upaya yang dilakukan, terkait penyebaran informasi kemaritiman,” ujar Direktur PT Elex Media Komputindo Wandi Subrata.
Ialah Faza Meonk, kreator Si Juki yang juga bakal terjun menggarap komik Si Juki yang pertama dibuatnya pada 2010 itu.
“Karakter Juki 2010, anak mahasiswa yang nyeleneh dan sok mau beda sendiri. Ide-ide dari kepala Juki spontan, komik komedi,” terang Faza.
Faza bercerita, edisi pertama komik Si Juki ini akan mengambil tajuk pariwisata di Labuan Bajo. Dengan karakter segar ‘anak muda’ itu, Faza berharap, Si Juki bisa diterima dengan lebih mudah oleh masyarakat umum.
Utamanya generasi muda sebagai target utama. Dirinya kini tengah mempersiapkan terjun ke lokasi sambil membuat konsep dalam karyanya.
Sementara itu, pihak Kemenko Kemaritiman menyatakan, di awal kerja sama ini setidaknya ditargetkan 10 ribu eksemplar komik akan dibuat.
Adapun pembiayaan produksi buku sepenuhnya ditanggung oleh PT Elex Media Komputindo. Sementara, untuk perjalanan survei dibiayai Kemenko
Kemaritiman.
“Kalau masyarakat menanggapi dengan baik bisa muncul topik baru dalam jangka panjang, dengan topik-topik yang ingin disampaikan ke masyarakat, yang selama ini cuek terhadap lingkungan dan pariwisata,” imbuh Sekretaris Kemenko Maritim Agus Purwoto.
Komik Si Juki tersebut, ditargetkan akan selesai pada tahun ini. Kita tunggu saja ya!
Sumber : kumparan.com

Related posts